Strategi Pembelajaran
Secara umum
pengertian atau definisi strategi pembelajaran adalah suatu usaha menggunakan
strategi yang sistematis yang dilakukan secara efektif untuk mendapatkan suatu
prestasi dan juga keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran.
Khususnya dalam dunia pendidikan, strategi ini dapat diartikan sebagai suatu rancangan sekaligus metode dalam mencapai tujuannya. Strategi pembelajaran adalah suatu rencana, yang didalamnya terdapat rangkaian kegiatan yang dirancang secara khusus.
Pengertian Menurut Para Ahli
1. Hilda Taba
Strategi
pembelajaran adalah urutan atau pola perilaku guru untuk dapat mengakomodasi
semua variabel pembelajaran secara sadar dan sistematis.
2. Suparman
Strategi
pembelajaran merupakan gabungan dari beberapa rangkaian kegiatan, cara
mengorganisasikan materi pelajaran siswa, bahan, peralatan dan waktu yang
digunakan untuk proses pembelajaran dalam mencapai tujuan kegiatan pembelajaran
yang telah ditentukan.
Model Tipe
Strategi Pembelajaran:
1.
Metode Ceramah
Yaitu
penuturan materi dalam bahan ajar secara lisan yang dilakukan oleh guru.
Kelebihan:
1.
Ini adalah
metode yang mudah dan murah.
2.
Dapat
menyajikan materi pelajaran secara luas dan lebih detail.
3.
Guru dapat
mengontrol keadaan kelas dengan lebih mudah.
Kekurangan:
1.
Materi yang
diserap siswa hanyalah apa yang diajarkan guru di dalam kelas.
2.
Tidak ada
peragaan khusus dari setiap materi yang disajikan.
3.
Siswa juga
sering merasa bosan jika guru tidak memiliki kemampuan berbahasa yang baik.
4.
Lebih sulit
untuk mendeteksi tingkat pemahaman siswa.
2.
Metode
Demonstrasi
Merupakan
jenis metode yang menyajikan materi pelajaran kepada siswa dicampur dengan
penjelasan.
Kelebihan:
1.
Siswa tidak
akan ketinggalan pemahaman karena penjelasan disertai dengan latihan.
2.
Proses
pembelajaran juga akan lebih menarik karena siswa tidak hanya mendengarkan.
3.
Dengan proses
mengamati, siswa dapat mengembangkan pola berpikirnya dalam menghubungkan
antara teori dan praktik.
Kekurangan:
Memerlukan
persiapan yang lebih matang dari segi bahan, peralatan dan juga bahan dan
tempat. Karena jika tidak, justru akan berdampak pada tidak efektifnya proses
pembelajaran. Hal tersebut hanya dapat dilakukan oleh guru yang memiliki
kemampuan dan keterampilan khusus.
3.
Metode Diskusi
Merupakan
jenis metode yang menghadapkan siswa pada suatu masalah untuk menemukan solusi
yang tepat.
Kelebihan:
1.
Dapat
merangsang siswa untuk berpikir lebih kreatif.
2.
Dapat melatih
siswa dalam mengungkapkan pendapatnya.
3.
Dapat melatih
siswa untuk saling menghargai sudut pandang.
Kekurangan:
1.
Kegiatan
diskusi seringkali hanya dikuasai oleh orang-orang tertentu.
2.
Dapat
mengaburkan kesimpulan dalam suatu pelajaran, karena topiknya bisa lebih luas.
3.
Seringkali ada
perbedaan pendapat yang berujung pada emosi.
4.
Perlu waktu
lama untuk mempelajari suatu mata pelajaran tertentu.
4.
Metode
Simulasi
Merupakan
metode yang menghadirkan situasi tiruan, yang dimaksudkan agar setiap siswa
memahami konsep dan juga materi yang disampaikan.
Kelebihan:
1.
Dapat menjadi
bekal bagi siswa dalam menghadapi suatu keadaan yang sebenarnya.
2.
Dapat
mengembangkan sisi kreatif seorang siswa saat melakukan proses pembelajaran.
3.
Dapat
menumbuhkan keberanian dan kepercayaan diri.
4.
Dapat
meningkatkan semangat belajar siswa.
Kekurangan:
Ada beberapa
faktor psikologis siswa, misalnya rasa malu ketika sedang melakukan simulasi
tersebut.
Macam-macam
Strategi Pembelajaran
1. Strategi discovery learning adalah teori belajar yang didefinisikan sebagai proses pembelajaran yang terjadi bila pelajar tidak disajikan dengan pelajaran dalam bentuk finalnya, tetapi diharapkan mengorganisasi sendiri
2. Strategi Inkuiri Learning didefinisikan oleh Piaget (Sund dan Trowbridge, 1973) sebagai: Pembelajaran yang mempersiapkan situasi bagi anak untuk melakukan eksperimen sendiri; dalam arti luas ingin melihat apa yang terjadi, ingin melakukan sesuatu, ingin menggunakan simbul-simbul dan mencari jawaban atas pertanyaan sendiri, menghubungkan penemuan yang satu dengan penemuan yang lain, membandingkan apa yang ditemukan dengan yang ditemukan orang lain.
3. Strategi Problem Based Learning (PBL) adalah metode pengajaran yang bercirikan adanya permasalahan nyata sebagai konteks untuk para peserta didik belajar berfikir kritis dan keterampilan memecahkan masalah, dan memperoleh pengetahuan (Duch,1995).
4. Strategi Project Based Learning adalah pembelajaran yang menggunakan proyek/kegiatan sebagai media. Peserta didik melakukan eksplorasi, penilaian, interpretasi, sintesis, dan informasi untuk menghasilkan berbagai bentuk hasil belajar.
5. Strategi Saintifik Learning adalah Proses pembelajaran yang dirancang
sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum
atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau
menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis,
mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan
dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”.
Komentar
Posting Komentar